Kamis, 01 Maret 2012

Konsep desain rumah tropis minimalis & modern


Apakah anda mau membangun rumah sehat dengan konsep desain tropis minimalis modern?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka beberapa hal yang mendasar perlu anda dipahami.


 
1.       Rumah dapat dikatakan sehat apabila:
a.   Memiliki pencahayaan yang cukup, idealnya luas jendela antara 15-20%  dari luas lantai. Apabila pencahayaan alami dari jendela belum mencukupi maka perlu dibuat area bukaan (void), sky light,  atau  membuat taman dalam ruangan.
b.  Memiliki  sirkulasi udara yang baik untuk menjaga agar udara didalam rumah tetap segar sehingga keseimbangan O2 tetap terjaga.  Sirkulasi udara yang tidak baik menyebabkan kelembaban meningkat, sehingga menimbulkan tumbuhnya bakteri.
c.   Memiliki privacy yang baik, namun demikian terdapat area service, area rekreasi, dan  area untuk media komunikasi dan berkumpul antar anggota keluarga.
d.  Memiliki lingkungan yang sehat. Bagian luar rumah memiliki pekarangan yang cukup dan ditanami tanaman penghijauan yang berfungsi sebagai area santai dan refreshment. Selain itu dilengkapi dengan fasilitas rumah yang sehat seperti air bersih, pembuangan air kotor, septictank, penyedian listrik dan lainnya.
2.       Konsep desain rumah tropis, minimalis dan modern.
Desain rumah sebaiknya disesuaikan dengan keadaan Iklim tropis di Indonesia, sehingga penghuni tetap merasa nyaman di rumah disaat musim hujan dan kemarau. Konsep tropis umumnya memiliki atap yang tinggi untuk mengakomodir elevasi plafon yang tinggi.
Konsep desain rumah minimalis didasarkan dari cara hidup masyarakat yang serba praktis, ringan, efisien dan penuh kesederhanaan, dimana luas area rumah yang tidak terlalu luas. Untuk memberi kesan minimalis maka pemilihan warna cat, mainan batu dan plesteran dapat membantu. Untuk pemilihan umumnya didominasi warna soft (putih tulang, abu-abu atau warna lainnya) namun pada point tertentu ada yang ditonjolkan dengan diberi aksen warna cerah untuk memberikan kesan manis.
Sedangkan konsep modern dapat di implementasikan pada perlengkapan dan perabot  dengan style techno.

Konsep desain tersebut diatas yang nantinya akan di usung oleh AQIS Studio sebagai point center. Namun demikian tidak menutup kemungkinan Aqis Studio dapat memberikan konsep desain yang lain seperti tradisional dan mediteran sesuai dengan permintaan dari Customer. (Lihat posting Rumah Makan Tradisional Lesehan Karya Aqis Studio).
Sebagian orang mengatakan bahwa bentuk arsitektur rumah merefleksikan sifat pemilik rumah, hal ini adalah benar adanya. Dan konsep Rosulullah “Rumahku Istanaku” perlu dihayati pengikutnya.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Note:
Anda dapat lihat posting dari AQIS STUDIO lainnya, seperti:



  • Desain Rumah Minimalis Karya Aqis Studio.
  • Cara Pesan Desain Gambar
  • Contoh Gambar Kerja Rumah Type 70.
  • Desain Rumah Makan Tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar